Header AD

Berikut Puluhan Screenshot Yang Diklaim Dari Windows 10 Preview for Phones


Windows 10 Preview for Phones memang akan dirilis pada bulan ini, sesuai dari yang dikatakan oleh Joe Belfiore pada event Windows 10: The Next Chapter kemarin. Namun baru enam hari di bulan Februari, sudah banyak informasi mengenai keberadaan sistem operasi terbaru untuk Lumia ini.

Kali ini, puluhan tangkapan layar yang diklaim langsung dari Windows 10 Technical Preview for Phones, telah tersebar di internet.

Yang pertama adalah tangkapan layar yang diunggah oleh pemilik akun Twitter @s1z33, yang menunjukkan notifikasi awal setelah update, Action Center dan menu Settings.

(klik untuk memperbesar)
Pada gambar di atas, terlihat notifikasi update sukses beserta sebuah quote dari Russel Willson - cocok dengan informasi yang telah kami post pada artikel ini. Selain itu, terlihat Action Center dengan kemampuan expand untuk menampilkan semua quick actions, tidak terbatas hanya empat atau lima saja. Menu Settings juga terlihat lebih rapi dan dikategorikan, sehingga tidak perlu scroll-scroll jauh ke bawah dan mencari menu (yang terkadang berubah-ubah urutannya).

Puluhan tangkapan layar selanjutnya berasal dari website techrum.vn, dengan pengunggah yang mengaku mendapatkannya dari seseorang di China, yang menggunakan Windows 10 Technical Preview for Phones ini di Nokia Lumia 1520.


Dimulai dari tampilan awal saat dinyalakan (biasanya setelah reset, supaya Lumia kembali dalam keadaan fresh). Sepertinya tidak ada perbedaan dari Windows Phone 8.1 ya.


Start Screen di Windows 10 Technical Preview for Phones sedikit mengalami perubahan untuk menyamakan versi desktopnya. Kini, background image tidak muncul pada setiap tile, tetapi di belakang tile, dengan tile sedikit transparan. Background image juga akan tampil pada daftar aplikasi. Pada daftar aplikasi, terlihat di bagian atas, akan ditampilkan beberapa aplikasi yang paling sering dibuka, dengan tanda "x" di bagian kanan yang mengindikasikan jika kita ingin menghapus daftar tersebut.


Tombol search juga dipindah ke atas, berbeda dengan sebelumnya di Windows Phone 8.1 yang berada di sebelah kiri daftar aplikasi. Di tangkapan layar paling kanan, terlihat tampilan file manager baru.


Di Windows 10, aplikasi lebih banyak dirancang sebagai Universal Apps, sehingga memiliki tampilan yang konsisten baik di PC maupun Lumia. Pada tangkapan layar di atas, terlihat aplikasi alarm baru yang sama persis seperti di Windows 10 versi PC, dilengkapi world clock, timer dan stopwatch. Sebelah kanannya merupakan tampilan dari Windows Feedback. Karena masih Technical Preview, kamu bisa memasukkan kritik dan saran kepada Microsoft lewat aplikasi ini, sehingga bisa langsung direspon dan dibenahi untuk versi berikutnya.


Akhirnya, tersedia aplikasi untuk rekam suara di Windows 10. Walaupun sebelumnya kamu bisa menggunakan OneNote untuk fungsi yang sama, adanya aplikasi Sound Recorder yang dapat memotong dan mengirim rekaman suara merupakan tambahan yang bagus. Namun sayangnya belum dapat digunakan untuk merekam suara saat menelepon.


Di Windows 10 for Phones, kamu bisa mengganti background dan melihat langsung tampilannya (seperti di kiri gambar), tanpa perlu mengunci layar terlebih dahulu. Pada bagian bawah, terlihat opsi "advanced settings" yang tidak diinformasikan apa fungsinya oleh pengirim gambar.




Virtual keyboard di Windows 10 mendapat banyak peningkatan. Sebelum membahas keyboard, pada gambar pertama, terlihat context menu - opsi yang muncul saat ditahan - lebih simpel dan menyesuaikan versi PC. Keyboard kini dapat diatur ukurannya (bermanfaat untuk Lumia layar besar), dan tersedianya sebuah tombol untuk mengarahkan kursor secara presisi, plus tombol voice command untuk menulis lewat suara.


Pada gambar di atas, terlihat adanya opsi untuk menyalakan fitur double height untuk tile, yang mengkonfirmasi artikel kami sebelumnya di mana terdapat gambar sebuah Lumia dengan ukuran tile lebih panjang. Selain tile ukuran medium, tile ukuran paling lebar pun sepertinya juga dapat dibuat lebih panjang, melihat ilustrasi pada gambar di atas.

Berikutnya adalah gambar Dialler, Xbox Video dan Maps bawaan di Windows 10 Technical Preview for Phones.




Update:

Sumber mengatakan, pada versi awal/yang digunakan untuk membuat tangkapan layar ini, belum dilengkapi dengan browser, Office dan Outlook baru. Berikut beberapa tambahan gambar lain.

(menu pengaturan aplikasi di Settings)
(Reminder jadwal tertentu di kalender akan muncul saat Lumia akan dimatikan)
(Tampilan galeri foto baru, dengan opsi menampilkan foto dari OneDrive)
(Kalkulator seperti di Windows 10 PC)
(Converter seperti di Windows 10 PC)
(Reminder di Cortana)

(Pengaturan yang lebih fleksibel)
(Detil tombol baru pada bagian bawah)
(Aplikasi Email yang masih sama; Keyboard yang dapat dipindah sesuai keinginan)

Kami tidak dapat menjamin bahwa gambar-gambar ini asli, namun dengan banyaknya tangkapan layar, cukup meyakinkan jika ini memang tampilan dari Windows 10 Technical Preview for Phones. Artikel ini akan terus di-update jika terdapat informasi baru. Semakin tidak sabar untuk mencoba Windows 10 Preview?

Oh ya, jika ada yang lebih mengerti bahasa dari tangkapan layar di atas, dan dapat memberikan informasi baru, boleh mention langsung ke @nokianesia ya. :)

Sumber: WMPowerUser

Berikut Puluhan Screenshot Yang Diklaim Dari Windows 10 Preview for Phones Berikut Puluhan Screenshot Yang Diklaim Dari Windows 10 Preview for Phones Reviewed by Prasetyo Herfianto on Februari 06, 2015 Rating: 5