Header AD

Selamat Datang Nokia 9 PureView dengan 5 Lensa ZEISS


Akhirnya, setelah rumornya ramai diperbincangkan akhir-akhir ini, HMD Global membuktikan rumor tersebut dengan mengumumkan secara resmi Nokia 9 PureView hari ini (24 Feb) pada acara Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol.

Pengumuman Nokia 9 Pureview ini sekaligus mengawali kembalinya teknologi PureView yang dulu sempat digunakan di beberapa ponsel Nokia Symbian dan Windows Mobile dan sekaligus menjadikan ponsel ini sebagai ponsel pertama di dunia yang menggunakan 5 lensa kamera sekaligus dalam 1 ponsel.

5 Lensa Zeiss
Nokia 9 PureView dibekali dengan 5 lensa Zeiss pada sisi belakangnya yang dapat bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan 1 foto yang berkualitas tinggi beresolusi 60 hingga 240 megapiksel. kelima lensa Zeiss ini mempunyai kekuatan masing-masing 12 Megapiksel, 2 lensa warna dan 3 lensa lainnya untuk menangkap hitam dan putih. Hasilnya, dengan kombinasi kelima lensa ini, foto yang dihasilkan akan mempunyai dynamic range yang sangat lebar dan depth-of-field control yang lebih detil mulai dari 7 Cm hingga 40 M.


Kemampuan 3 lensa hitam putihnya akan menghasilkan foto astmorpheric black & white  yang luar biasa untuk ukuran sebuah ponsel pintar saat ini. Kemudian, dengan Nokia 9 PureView, kita tidak perlu memilih fokus sebelum mengambil foto, karena pengaturan fokus bisa dilakukan dengan baik setelah foto tersebut diambil. Karena, dengan menggunakan "depth mode", 5 lensa ini akan mengidentifikasi lebih dari 1,200 lapisan yang akan menghasilkan foto dengan sangat detail. Fitur inilah yang memungkinkan kita memilih fokus setelah foto diambil dengan bantuan aplikasi Google Photos.

Semua kemampuan fotografi di Nokia 9 PureView ini dapat dihasilkan dengan kerjasama yang baik antara HMD, Qualcomm dan Light. Juho Sarvikas (Chief Product Officer HMD) mengatakan bahwa ini pertama kalinya sebuah ponsel pintar melakukan optimalisasi penuh terhadap sumber daya Qualcomm mulai dari CPU, GPU, Digital Signal Processor (DSP), dan modul kamera ISP. Luar biasa!




Disisi aplikasi penunjang, Nokia 9 PureView dilengkapi dengan aplikasi "Pro Camera"generasi terbaru yang mendukung pengaturan foto real time. Jika masih kurang, 5 lensa di Nokia 9 PureView dapat menghasilkan RAW Photo dan bisa dimodifikasi dengan bantuan aplikasi Adobe Lightroom.


Fitur lain
Bukan hanya mumpuni disisi kamera, Nokia 9 PureView juga dilengkapi banyak fitur-fitur terkini. HMD masih mempercayakan Qualcomm Snapdragon 845 untuk prosesornya dan dilengkapi dengan "image co-processor". Tentunya, untuk mengakomodir kemampuan kameranya, Nokia 9 PureView dilengkapi dengan 6GB RAM dan 128GB ROM untuk penyimpanan internal.

Disisi daya, Nokia 9 PureView menggunakan baterai sebesar 3320mAH dan sudah mendukung Qi wireless charging. Pada bagian layar, Nokia 9 PureView sudah menggunakan teknologi PureDisplay untuk layar besarnya sebesar 5.99". Untuk perlindungan layarnya, Nokia 9 PureView juga sudah menggunakan Corning® Gorilla® Glass 5. Oiya, Nokia 9 PureView juga menjadi ponsel Nokia Android pertama yang menggunakan sensor fingerprint di dalam layar.


Untuk kamu yang suka berpetualang di alam bebas, jangan khawatir karena Nokia 9 PureView bisa kamu ajak berenang karena mempunyai rating IP67 untuk ketahanan 1 meter di bawah air selama kurang lebih 30 menit dan tahan terhadap debu.




Dan berikut adalah spesifikasi lengkap dari Nokia 9 PureView

Sistem Operasi
Android Pie
Prosesor
Qualcomm® Snapdragon™ 845 Mobile Platform
RAM
6GB
Memori Internal
128GB
Memori Eksternal
-
Layar
PureDisplay 5.99” QHD+ pOLED - corning® Gorilla® Glass 5
Resolusi
2K HD
Kamera Utama
5 x 12 MP, f/1.82 (2 x RBG, 3 x mono)
Kamera Depan
20 MP, display flash
Jaringan
LTE Cat 16 4x4 MIMO
Wifi
802.11 a/b/g/n/ac
NFC
Ya
Bluetooth
Bluetooth® 5.0
GPS
GPS/AGPS+GLONASS+BDS, NFC, ANT+
Audio
USB-C
Tipe USB
USB-C 3.1
Baterai
3320 mAh - Qi Wireless Charging
Sensor
Sensor fingerprint dalam layar, ALS/PS, G-sensor, E-compass, Gyro, Hall sensor, Barometer, Haptic vibrator
Ukuran
155 x 75 x 8 mm
Berat
172 g
Warna
Midnight Blue



Rencananya Nokia 9 PureView ini akan dijual di harga US$699. Harga ini akan bervariasi tergantung dengan pajak dan subsidi. Pre-order akan segera dibuka pada bulan Maret 2019 untuk negara tertentu. Untuk Indonesia? mari kita tunggu dan berdoa agar segera masuk ke Indonesia ya.

Cheerrss!!

Selamat Datang Nokia 9 PureView dengan 5 Lensa ZEISS Selamat Datang Nokia 9 PureView dengan 5 Lensa ZEISS Reviewed by Rizky Adriansyah on Februari 25, 2019 Rating: 5

1 komentar

  1. nokia udah gak ada otak... :) teruslah berinovasi seperti anak anak yang senang bermain dengan imajinasinya

    BalasHapus