Header AD

Nokia 8 Resmi Mendapat Dukungan Google ARCore - Apa Fungsinya?


Pada saat acara perilisan ponsel oleh HMD Global awal tahun kemarin, beberapa ponselnya seperti Nokia 6.1, Nokia 7 Plus dan 8 Sirocco dikabarkan bakal mendukung ARCore untuk mendukung pengalaman augmented reality terbaik. Tak hanya tiga ponsel itu, HMD juga akan memberi dukungan ARCore untuk Nokia 8.

Dan mulai 2 Agustus kemarin, Nokia 8 telah resmi mendukung ARCore. Google baru saja merilis pembaruan untuk aplikasi tersebut, dan versi 1.4 mendatangkan dukungan untuk lebih dari 10 ponsel baru, salah satunya Nokia 8.


Dikutip dari AndroidGuys, fungsi ARCore adalah menghadirkan pengalaman augmented reality yang lebih canggih dan akurat melalui tiga metode ukur; Motion tracking, Environmental understanding dan Light estimation. Motion tracking mendeteksi gerakan baik objek yang tertangkap kamera, serta gerakan dari ponselnya sendiri untuk meletakkan objek virtual secara tepat. Environmental understanding akan mendeteksi permukaan yang ada untuk kebutuhan aplikasi dan game, sedangkan yang terakhir mempelajari kondisi cahaya di sekitar untuk memproyeksikan intensitas cahaya yang cukup.

Kalau kalian bertanya contohnya, versi sederhana dari aplikasi AR adalah Nokia/HERE City Lens. Familiar? Aplikasi tersebut dulu tersedia mulai dari Symbian sampai Lumia Windows Phone, dapat membantu kita untuk mencari lokasi-lokasi menarik yang ada di sekitar lewat kamera.

(via Wired)

Disini ARCore berfungsi sebagai aplikasi yang memungkinkan ponselmu menjalankan aplikasi AR lainnya. Contoh aplikasinya? Ada Measure, aplikasi dari Google yang memungkinkan kamu melakukan berbagai macam pengukuran. Tentunya tidak bisa 100% akurat, tetapi paling tidak cukup mendekati dan bisa langsung dari ponsel, berguna saat sedang tidak membawa bantuan alat ukur.


Ada juga "Curate", aplikasi desain interior untuk mensimulasikan dekorasi ruangan dari kamera, tanpa harus benar-benar meletakkan barang ke dalam ruangan di dunia nyata. IKEA Place juga dapat melakukan hal yang kurang lebih sama, memudahkan kita untuk mengambil keputusan dengan baik sebelum benar-benar ke toko dan membeli barang.


Jadi bagi kamu pengguna Nokia 8, bisa langsung unduh aplikasi ARCore di sini dan langsung eksprolasi aplikasi augmented reality yang ada di Google Play Store. Kalau menemukan aplikasi menarik lainnya, jangan lupa sampaikan ke kami ya!

Sumber: AndroidGuys

Nokia 8 Resmi Mendapat Dukungan Google ARCore - Apa Fungsinya? Nokia 8 Resmi Mendapat Dukungan Google ARCore - Apa Fungsinya? Reviewed by Prasetyo Herfianto on Agustus 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar