Header AD

Chris Weber: Tidak Semua Lumia Akan Dapat Upgrade Atau Mendukung Semua Fitur di Windows 10


Walaupun Windows Central telah mengkonfirmasi jika semua Lumia Windows Phone 8.1 akan mendapatkan update ke Windows 10, kami tidak sepenuhnya meyakini informasi tersebut. Kemarin, Lumia Conversations merilis artikel berisi Q&A dengan Chris Weber, Corporate Vice President of Sales di Microsoft Devices Group.

Dari salah satu jawaban pertanyaan, ada yang membuat kami ragu jika semua Lumia Windows Phone 8.1 dapat upgrade ke sistem operasi terbaru yang lebih universal dari Microsoft ini.

Berikut kami terjemahkan dua dari empat pertanyaan beserta jawaban yang ada dalam artikel tanya jawab yang ada di sini. Koreksi jika ada salah dalam terjemahan yaa. :)

Q: Haruskah saya membeli Lumia sekarang?
  • A: "Tidak ada waktu yang lebih baik untuk membeli Lumia sekarang! Tersedia pilihan ponsel Lumia dengan harga dan kapabilitas yang beragam untuk menyesuaikan kebutuhanmu, baik personal dan professional. Kamu bisa mendapatkan Lumia 435 dengan harga terjangkau, Lumia 735 yang didesain untuk foto selfie, ataupun Lumia 930 Gold Edition - dan kamu akan dapat meng-upgrade ke Windows 10 setelah nanti tersedia".
Q: Apakah itu berarti perangkat Lumia yang saat ini, dapat di-upgrade ke Windows 10?
  • A: "Kami sedang membuatnya semudah mungkin untuk mendapatkan Windows 10. Windows 10 telah dirancang untuk berjalan dengan baik pada ponsel Lumia yang ada saat ini. Seperti tiap upgrade ke platform baru, tidak semua ponsel akan upgrade atau mendukung semua fitur yang ada di Windows 10 nanti, dan fitur tertentu akan membutuhkan hardware yang lebih canggih. Tujuan kami adalah untuk sebagian besar ponsel Lumia dengan Windows Phone 8 dan 8.1, untuk bergaabung dengan ekosistem Windows bersamaan dengan ratusan bahkan jutaan PC, tablet dan perangkat lain yang diharapkan menjalankan Windows generasi berikutnya (Windows 10)".

Ya, jawaban yang telah kami garis bawahi dari pertanyaan di atas yang membuat kami sedikit bingung. Pasalnya, Microsoft mengkonfirmasi jika Lumia 435 akan mendapatkan update ke Windows 10, padahal dengan chip grafis yang lebih rendah dari, misalnya, Lumia 520. Dari gambar di atas dan gambar di sini, juga terlihat Lumia 635 (yang memiliki RAM 512MB) dan Lumia 1020 (yang menggunakan processor cukup tua) mendapatkan update ke Windows 10.

Lalu, Lumia seperti apa yang tidak mendapat upgrade/memiliki fitur terbatas untuk menikmati Windows 10? Sayangnya hingga saat ini, belum ada detil spesifikasi minimal untuk menjalankan semua fitur baru yang ada di Windows 10. Memang, Windows 10 untuk smartphone masih dalam tahap sangat awal dan masih jauh dari final maupun sempurna. Bulan depan, Windows 10 yang dirilis untuk Lumia pun masih dalam versi preview dengan build pertama/buatan awal. Dengan dirilisnya versi preview, Microsoft berharap agar pengguna dapat terus memberikan feedback kepada Microsoft, agar pembuatan Windows 10 untuk Lumia kamu lebih sempurna.

Yang kami harapkan, semoga semua Lumia Windows Phone 8.1 yang ada saat ini dapat merasakan update ke Windows terbaru ini ya (walaupun beberapa tidak dapat semua fitur karena keterbatasan hardware - ini sangatlah wajar). Punya pendapat lain mengenai hal ini? Tulis dalam kolom komentar di bawah.



Chris Weber: Tidak Semua Lumia Akan Dapat Upgrade Atau Mendukung Semua Fitur di Windows 10 Chris Weber: Tidak Semua Lumia Akan Dapat Upgrade Atau Mendukung Semua Fitur di Windows 10 Reviewed by Prasetyo Herfianto on Januari 23, 2015 Rating: 5