Header AD

Tips & Trick: Meningkatkan Performa & Stabilitas "BBM" di Nokia Lumia Windows Phone 8.1


Nokia Lumia dengan Windows Phone 8.1 a.k.a "Lumia Cyan Update" sejatinya sudah bisa melakukan instalasi berbagai aplikasi dan game ke memori eksternal atau SD-Card guna menghindari habisnya memori internal yang terbatas (4-8 GB).

Tips & Trick kali ini berlaku buat kamu pengguna Nokia Lumia yang sudah memakai "Lumia Cyan Update" / Windows Phone 8.1 dan Nokia Lumianya mendukung penggunaan memori eksternal/SD-Card.

Aplikasi "BBM" untuk Nokia Lumia Windows Phone 8.1 pun juga dapat diinstall ke memori eksternal/SD-Card karena memang sang pembuatnya mengizinkan aplikasi ini bisa diinstal ke memori eksternal/SD-Card. Ini berbeda dengan ketentuan pada aplikasi "WhatsApp", di mana sang pembuat tidak mengizinkan aplikasi tersebut diinstal ke memori eksternal/SD-Card karena berbagai alasan dan kompatibilitas serta performa.

Nah, @nokianesia memang pada awalnya melakukan instalasi aplikasi "BBM" ke memori eksternal/SD-Card di Nokia Lumia 630. Yang paling utama dirasakan adalah waktu yang sedikit lama ketika sedang membuka aplikasi "BBM" sampai benar-benar masuk ke halaman utama "BBM" dan juga seperti ada jeda yang juga sedikit lama dalam menampilkan sejarah chatting di tab "chat" dan sedikit berat ketika bergeser ke tab "contact". 

Kendala-kendala ini masih terjadi di versi BBM (Beta)-Beta Tester versi 100.0.0.23 maupun "BBM Beta"-Umum versi 1.0.016 apabila kita menginstall aplikasi "BBM" ke memori eksternal, padahal @nokianesia sudah memakai SD-Card class 10 yang harunsya sudah sangat cepat dalam baca/tulis data.

Apa yang bisa dilakukan? hal yang pertama adalah jika kamu sudah menginstall aplikasi "BBM" ke memori eksternal/SD-Card, kamu cukup memindahkan aplikasi tersebut dari memori eksternal ke memori internal Nokia Lumia, bagaimana caranya? cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini:
  1. Buka "Storage Sense" dari list aplikasi.
  2. Pilih "SD Card" pada bagian status memori.
  3. Tunggu hingga proses kalkulasi selesai.
  4. Pilih "Apps+games".
  5. Cari "BBM" dan Sentuh/Pilih BBM.
  6. Pilih pilihan "move to phone".
  7. Tunggu sampai proses pemindahan selesai.

Gambar 1: Pilih "SD Card", Gambar 2: Pilih "apps+games"

Gambar 3: Pilih "BBM Beta", Gambar 4: Pilih "move to phone"


Hal pertama yang dirasakan adalah, aplikasi "BBM" terasa menjadi lebih cepat saat sedang dibuka, kemudian proses penampilan sejarah chatting di tab "chat" menjadi lebih cepat dan secara keseluruhan menjadi lebih stabil serta performanya meningkat setelah pemindahan dari memori eksternal ke memori internal.

Bagi kamu pengguna Nokia Lumia dengan "Lumia Cyan Update" atau Windows Phone 8.1 ataupun yang masih menggunakan "Lumia Black Update"/Windows Phone 8 yang tidak mempunyai slot memori eksternal, tentunya tips & trick ini tidak berlaku ya. Karena jika kamu menginstal aplikasi "BBM" maka sudah secara otomatis akan terinstal ke memori internal. Happy BBM-an.

Note
Tips & Trick ini sudah dicoba di Nokia Lumia 520 Windows Phone 8.1 Update 1 dan Nokia Lumia 630 Dual SIM (Lumia Cyan Update + Windows Phone 8.1 Update 1).



Tips & Trick: Meningkatkan Performa & Stabilitas "BBM" di Nokia Lumia Windows Phone 8.1 Tips & Trick: Meningkatkan Performa & Stabilitas "BBM" di Nokia Lumia Windows Phone 8.1 Reviewed by Rizky Adriansyah on Agustus 10, 2014 Rating: 5