Header AD

Tips & Trick: Menghemat Memori Internal Nokia Lumia Windows Phone 8 & 8.1


Beberapa smartphone Nokia Lumia berbasis Windows Phone 8.1 dan Nokia Lumia dengan Windows Phone 8 yang nantinya akan bisa diupgrade menjadi Windows Phone 8.1 hanya memiliki memori Internal sebesar 8GB seperti Nokia Lumia 520, 620, 625, 520 dan 720.

Nah untuk mengemat memori internal yang mungkin dirasakan kurang cukup atau cepat habis, ada beberapa tips & trick nya untuk ini.

Tips & trick ini berlaku untuk Nokia Lumia dengan Windows Phone 8 dan 8.1, hanya ada beberapa saja yang khusus untuk Windows Phone 8.1 namun nantinya, jika kamu pengguna Nokia Lumia dengan Windows Phone 8 sudah meng-upgrade menjadi Windows Phone 8.1 juga dapat melakukan beberapa penghematan memori internal.


Data di Internet Explorer
Tips & Trick ini berlaku untuk semua Nokia Lumia dengan Windows Phone 8 & 8.1 di mana kamu dapat mengikuti 2 langkah penghematan memori internal. Yang pertama adalah membuang semua data dan file hasil browsing mengggunakan Internet Explorer dengan mudah dan yang kedua adalah dengan tidak mengaktifkan fitur "Website File Storage"
  1. Membuang file browsing
    1. Buka "setting" > geser ke tab "Applications".
    2. Pilih "Internet Explorer".
    3. Pilih "Delete History".
  2. Mematikan Fitur "Website File Storage"
    1. Buka setting > geser ke tab "Applications".
    2. Pilih "Internet Explorer".
    3. Geser ke bawah, pilih "Advanced settings".
    4. Geser ke bawah, unchecklist "Allow sites storage files on my phone".
    5. Lihat juga pilihan "Manage Storage".
    6. Jika ada isinya, silahkan dihapus semua.

Setelah melakukan 2 langkah di atas, maka semua data sejarah browsing seperti cookies, temporary files, dan lainnya akan terhapus dari Internet Explorer. Namun tidak akan menghapus daftar favorite kamu.


Menghapus Temporary Files / File Sementara
Tips & Trick ini berlaku untuk semua Nokia Lumia dengan Windows Phone 8 & 8.1 yang berfungsi mengapus semua file sementara yang mungkin sudah tidak dibutuhkan. Terkadang file sementara ini ukurannya cukup besar. Dengan menghapusnya, kamu bisa mendapatkan kembali memori internal yang terpakai oleh berbagai file sementara ini. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Cari & buka "Storage Sense" dari list aplikasi.
  2. Tap/Sentuh "Phone Storage", tunggu hingga proses "updating" selesai.
  3. Geser ke bawah, cari dan buka "Temporary files".
  4. Tap/sentuh "delete" untuk menghapus file sementara.
  5. Tunggu hingga proses hapus selesai.

HERE Maps - Peta Offline
Tips & trick ini khusus Pengguna Nokia Lumia dengan Windows Phone 8 & 8.1 yang Nokia Lumianya mendukung external storage (SD-CARD). Fungsinya adalah mengalihkan penyimpanan Peta offline HERE Maps yang secara default akan disimpan ke memori internal kemudian dipindahkan ke memori external (SD-Card).

Sebelum merubah lokasi penyimpanan peta offline, ada baiknya kamu hapus dulu semua peta offline yang sudah kamu download ke memori internal karena peta offline tersebut tidak bisa dipindahkan secara manual ke memori ekternal, langkahnya:
  1. Buka "Setting".
  2. Geser ke tab "application".
  3. Pilih "maps".
  4. Pilih "Download maps"
  5. Hapus semua peta offline dengan cara menyentuh/tap yang lama sampai muncul pilihan hapus pada setiap peta dari masing-masing negara.
  6. Jika sudah terhapus semua, maka ikutin langkah selanjutnya di bawah.


Langkah-langkah merubah lokasi penyimpanan dari memori internal ke eksternal adalah:
  1. Download aplikasi "Lumia Storage Check beta" di sini & Install.
  2. Buka "Lumia Storage Check beta".
  3. Geser ke tab "details".
  4. Cari "Maps" dan tap/sentuh "change".
  5. Pilih "SD card".

Memori External (SD Card) Sebagai Media Penyimpanan
Tips & Trick ini juga ditujukan untuk Pengguna Nokia Lumia dengan Windows Phone 8 & 8.1 yang Nokia Lumianya mendukung external storage (SD-CARD), di mana kamu bisa dengan mudah merubah media penyimpan untuk foto, dokumen, musik, video, podcast, file hasil download dari memori Internal ke memori external. Langkah cepatnya adalah:
  1. Cari & buka "Storage Sense" dari list aplikasi.
  2. Geser ke bawah.
  3. Ganti & Pilih "SD Card" untuk semua penyimpanan media.
Jika pilihan sebelumnya adalah "phone" maka kamu harus memindahkan semua media ( foto, dokumen, musik, video, podcast, dll) yang sudah tersimpan di memori internal ke memori external secara manual. Baru setelah kamu memilih "SD Card" sebagai media penyimpanan, file file baru, baru akan tersimpan otomatis ke memori external (SD Card).


Instalasi Aplikasi & Game ke Memori External (SD Card)
Nah, khusus tips & trick ini, syaratnya adalah kamu pengguna Nokia Lumia dengan Windows Phone 8.1 dan Nokia Lumianya mendukung external storage (memori external/SD Card). Di Windows Phone 8.1 kamu sudah bisa meng-install berbagai macam aplikasi dan game ke memori external sehingga kamu tidak perlu takut lagi kehabisan memori internal. Jika sebelumnya aplikasi sudah terinstall di memori internal, kamu juga bisa memindahkannya ke memori external. Berikut langkahnya:
  1. Setting install aplikasi ke memori external
    1. Cari & buka "Storage Sense" dari list aplikasi.
    2. Geser ke bawah.
    3. Ganti & Pilih "SD Card" di pilihan "Store my apps on my"
  2. Memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori external
    1. Cari & buka "Storage Sense" dari list aplikasi.
    2. Tap/Sentuh "Phone Storage", tunggu hingga proses "updating selesai".
    3. Geser ke bawah, cari dan buka "Apps + games".
    4. Pilih aplikasi dan game yang ingin dipindahkan, untuk memindahkan secara bersamaan, tap/sentuh "select".
    5. Pilih beberapa aplikasi dan game sekaligus yang ingin dipindahkan.
    6. Tap/sentuh "Move" dan pilih "Yes" untuk memulai proses pemindahan dari memori internal ke memori external.
    7. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Tidak semua aplikasi dan game dapat dipindahkan dan diinstall ke memori external seperti aplikasi WhatsApp, video, music dan sebagainya.

Note
  1. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan SD Card, nokianesia sangat menganjurkan kamu memakai SD Card berkecepatan tinggi atau minimal SD Card Class 10.
  2. Hingga saat ini belum ada cara untuk mengurangi ukuran dari "Others" file.
Semoga tips & trick di atas dapat membantu kamu menghemat memori internal ya. Jika ada pertanyaan dan tips & trick lainnya kamu bisa tulis di kolom komentar di bawah.

Tips & Trick: Menghemat Memori Internal Nokia Lumia Windows Phone 8 & 8.1 Tips & Trick: Menghemat Memori Internal Nokia Lumia Windows Phone 8 & 8.1 Reviewed by Rizky Adriansyah on Agustus 03, 2014 Rating: 5