Header AD

Nokia Lumia & Windows Phone Akan Menyalip Pasar BlackBerry di Indonesia


Penjualan perangkat BlackBerry di pasar global semakin menurun. Berdasarkan data dari International Data Corporation (IDC), estimasi market share BlackBerry di seluruh dunia pada kuartal 4 2013 kemarin hanya 0,6%.

Indonesia merupakan pangsa pasar terbesar BlackBerry, dengan 17% penjualan pada tahun lalu. Namun yang menarik, Sudev Bangah, Head of Operations, IDC Indonesia mengatakan, selain sistem operasi Android yang semakin berkembang, Windows Phone juga ikut berkembang dan akan mengalahkan pasar BlackBerry.

Beliau memperkirakan, pasar Windows Phone di Indonesia akan meningkat dari 2% pada tahun 2013, menjadi 9% dari penjualan smartphone di Indonesia pada tahun ini. Beliau juga mengharapkan Windows Phone akan mendapatkan traksi pada perusahaan yang sudah menggunakan sistem operasi Windows. Menurut Sudev, ini akan lebih mudah untuk mengintegrasikan smartphone bersistem operasi Windows Phone dengan ekosistem IT enterprise.

Survey dari IDC juga menemukan bahwa 58% perusahaan merencanakan untuk mendesain ulang proses dan alur kerja dengan mengambil kelebihan dari teknologi mobile. Juga 55% perusahaan berusaha untuk meningkatkan jumlah perangkat mobile yang dapat terhubung ke jaringan mereka dalam 18 bulan kedepan. Di sini sistem operasi Windows Phone akan memiliki keunggulan, karena sudah semakin banyak perusahaan yang sudah menggunakan layanan dari Microsoft.

Selain itu, Sudev memperkirakan pasar Android di Indonesia akan menurun, dari 81% di tahun 2013 menjadi 78% di tahun 2014. BlackBerry turun ke 9% dari 14% di tahun 2013 dan 43% di tahun 2011. Sementara iOS diperkirakan hanya memiliki persentase sebesar 4%. Semua ini dikarenakan Windows Phone diperkirakan akan naik di Indonesia dari 2% di 2013 menjadi 9% di 2014, mengalahkan Blackberry dan iOS.


Via: WMPowerUserSumber: TheJakartaPost




Nokia Lumia & Windows Phone Akan Menyalip Pasar BlackBerry di Indonesia Nokia Lumia & Windows Phone Akan Menyalip Pasar BlackBerry di Indonesia Reviewed by Prasetyo Herfianto on Maret 10, 2014 Rating: 5