Header AD

Nokia 3 - Varian Android Termurah dengan Dua Kamera 8 Megapiksel


Dari ketiga ponsel Android Nokia yang diperkenalkan oleh HMD Global kemarin (26/2), Nokia 3 merupakan varian yang paling terjangkau. Walaupun begitu, HMD menjanjikan semua ponsel yang dirilis akan memiliki daya tahan yang kuat, panel layar yang berkualitas, serta sistem operasi Android yang bersih dan up-to date.

Sebagai varian termurah, Nokia 3 tetap menggunakan material aluminium seri 6000 yang digunakan oleh Nokia 6 dan Nokia 5. Perbedaannya adalah material tersebut digunakan untuk framenya saja, sedangkan back covernya terbuat dari bahan polikarbonat. Kombinasi aluminium dan polikarbonat dengan dimensi yang cukup tipis ini sedikit mengingatkan kami kepada Lumia 925, serta bentuk kamera yang mirip seperti pada Lumia 620.
Nokia 3 memiliki panel layar kaca 2.5D IPS berdimensi 5-inci dengan resolusi 720p, dilengkapi Gorilla Glass sebagai proteksi tambahan. Dengan teknologi laminated & polarized display, layar Nokia 3 akan terlihat jelas walaupun di bawah sinar matahari langsung, dan gap antara kaca dengan panel sentuh dapat diminimalkan. Untuk sektor dapur pacu, Nokia 3 menggunakan prosesor MediaTek MT6737 1.3Ghz quad-core 64-bit, dengan memori internal 16GB, RAM 2GB serta slot microSD hingga kapasitas 128GB. Nokia 3 memiliki kapasitas baterai sebesar 2.650 mAh, serta konektivitas 4G LTE Cat. 4.


Yang membuat Nokia 3 cukup spesial adalah kelengkapan sensor yang dimilikinya. Nokia 3 memiliki sensor-sensor yang umumnya ada pada semua ponsel Android, ditambah dengan NFC dan gyroscope untuk menikmati konten virtual reality. Kedua sensor ini cukup sering absen pada ponsel Android dengan range harga setara Nokia 3. Untuk kamera, Nokia 3 menggunakan sensor yang sama untuk kamera depan dan belakang; 8 Megapiksel autofokus dengan aperture f/2.0 dan flash (LED di kamera belakang, screen flash untuk kamera depan).


Walaupun menjadi varian termurah dengan harga jual kisaran 139 Euro atau sekitar 1,97 jutaan rupiah, Nokia 3 tetap dilengkapi dengan Android 7.0 Nougat yang bersih tanpa bloatware, sehingga performa dapat terjaga. Nokia 3 juga akan mendapatkan pembaruan keamanan bulanan dari Google, yang membuat ponsel ini semakin aman. Nokia 3 akan tersedia dalam empat varian warna (tempered blue, silver, matte black, copper) dan mulai dijual pada kuartal kedua 2017 ini. Kita nantikan kehadirannya di Indonesia ya.
Nokia 3 - Varian Android Termurah dengan Dua Kamera 8 Megapiksel Nokia 3 - Varian Android Termurah dengan Dua Kamera 8 Megapiksel Reviewed by Prasetyo Herfianto on Februari 28, 2017 Rating: 5