Header AD

Build Terbaru Windows 10 Technical Preview for Phones Resmi Dirilis


Hari ini, Microsoft resmi merilis update terbaru Windows 10 Technical Preview for Phones. Update kali ini dirilis dan dapat dinikmati untuk jauh lebih banyak Lumia Windows Phone 8.1. Apa saja fitur-fitur terbaru, perbaikan dari build sebelumnya, dan isu-isu yang masih ada?

Build 10051 merupakan seri yang dirilis pada hari ini. Jika kamu sedang menggunakan Windows 10 Technical Preview versi sebelumnya, update ini hanya tersedia untuk Fast ring. Jika kamu belum pernah menggunakannya, maka update ini akan tersedia lewat aplikasi Windows Insider.

Kurang lebih, perangkat yang didukung tidak jauh berbeda dengan daftar perangkat yang telah dirilis sebelumnya - kecuali Lumia 930, Lumia Icon dan Lumia 640 XL yang tidak mendukung build kali ini, dikarenakan scalling issue pada user interfacenya.

Berikut adalah fitur-fitur terbaru yang ada di Windows 10 Technical Preview build 10051:
  • Project Spartan: Project Spartan merupakan browser terbaru di Windows 10 dengan tampilan dan rendering engine baru. Browser ini masih dalam tahap sangat awal, tersedia sebagai aplikasi terpisah dan tidak menggantikan Internet Explorer.
  • Aplikasi Email dan Kalender baru: Outlook Mail & Outlook Calendar akan menggantikan aplikasi email dan kalender sebagai aplikasi built-in, serta menjadi universal apps di Windows 10. Tampilannya baru dan menyesuaikan versi PC. Kamu dapat mengirim email dengan format yang lebih kaya, dilengkapi editor yang sama seperti di Microsoft Word. Oh ya, akun email kali ini dimasukkan melalui kedua aplikasi ini, dan menu 'email + accounts' di Settings kini dihapus.
  • Aplikasi Telepon dan Pesan baru: keduanya memiliki tampilan baru dengan banyak fungsi baru. Kamu bisa langsung menelepon kontak saat sedang membaca pesan, dengan menyentuh icon pada app bar.
  • Aplikasi People baru: tampilan visual baru, sinkron kontak dari akun Exchange, Outlook, Gmail, Facebook dan lainnya.
  • Aplikasi Maps baru: Integrasi Bing Maps dan HERE maps menjadi satu aplikasi.
  • App Swither baru: kini tampilan multitask mendukung posisi landscape. Maksimal tampilan menjadi 15 aplikasi, dan untuk Lumia berlayar besar seperti Lumia 1520, tersedia layout baru untuk multitask lebih efektif.
Selain fitur baru, banyak juga isu yang terdapat pada build ini. Pastikan kamu telah mengetahui semua isu yang ada sebelum update, agar tidak kecewa saat menggunakan Windows 10 build 10051 ini. Berikut adalah isu yang menurut kami penting untuk diketahui:
  • Upload foto otomatis ke OneDrive bisa tidak berjalan atau bermasalah.
  • Aplikasi Office telah dihapus, dan aplikasi Office Preview baru dirilis beberapa minggu lagi. Artinya, kamu tidak bisa membuka dokumen Excel, Powerpoint, Word dan OneNote (kecuali via browser).
  • Dukungan membaca pesan via Bluetooth tidak tersedia.
  • Aplikasi yang terinstall di SD Card sebelum update, tidak dapat dibuka. Dibutuhkan install ulang aplikasi.
  • 1% kemungkinan nada dering tidak berbunyi saat telepon masuk.
  • Di beberapa perangkat, tombol "dismiss" pada alarm tidak terlihat. Kamu bisa menuju notifikasi dan matikan layar untuk mematikan alarm.
  • Untuk perangkat dengan RAM 512MB, aplikasi bisa crash karena isu manajemen memori.
  • Flight mode tidak dapat diaktifkan.
  • Data seluler tidak dapat di-nonaktifkan.
Kalau kamu menganggap isu di atas tidak masalah, kamu bisa mencoba build baru dari Windows 10 Technical Preview kali ini. Jika tidak, kamu bisa bersabar dan menunggu build selanjutnya, dengan isu yang lebih minim.

Untuk Lumia tertentu, proses update terjadi dua tahap, yaitu ke Windows Phone 8.1 Update 2 dahulu, baru ke Windows 10 Technical Preview. Lengkapnya, cek cara install dengan klik link di bawah ya.

Sumber: Windows Blog


Build Terbaru Windows 10 Technical Preview for Phones Resmi Dirilis Build Terbaru Windows 10 Technical Preview for Phones Resmi Dirilis Reviewed by Prasetyo Herfianto on April 11, 2015 Rating: 5