Header AD

Microsoft Band - Wearable Device Pertama Dari Microsoft


Microsoft akhirnya resmi memasuki dunia wearable device dan menambah fokus ke dunia kesehatan, dengan merilis software dan sebuah wearable device berupa gelang tangan. Perangkat tersebut bernama Microsoft Band.


Microsoft Band adalah wearable device yang memiliki fokus sebagai fitness tracker. Perangkat ini memiliki banyak sensor di dalamnya untuk mendeteksi dan mengetahui pergerakan badan seperti jumlah langkah, kalori yang dibakar, kualitas tidur, dan juga detak jantung. Dengan ini, kamu dapat mentargetkan kegiatan olahraga tertentu agar termotivasi untuk hidup lebih sehat.

Microsoft Band dilengkapi dengan layar sentuh kapasitif 1.4" TFT beresolusi 320x106. Dilengkapi baterai dual-100mAh, perangkat ini dapat menyala selama 2 hari dengan pemakaian normal, dan dapat dicharge secara penuh hanya dalam waktu 1,5 jam. Perangkat ini tahan cipratan dan debu,  dan dapat disambungkan dengan Bluetooth 4.0 hemat daya ke tiga sistem operasi; iOS, Android, dan Windows Phone 8.1 Update.


Selain itu, Microsoft Band juga mempelajari pergerakan tubuhmu sehari-hari, dan kemudian memberi petunjuk kebutuhan olahraga di masa mendatang. Terdapat banyak sensor yang disematkan pada perangkat ini, seperti sensor detak jantung yang menyala 24 jam, accelerometer/gyro sensor, GPS, sensor temperatur kulit, UV sensor dan banyak lainnya. Semua sensor ini digunakan untuk fitur-fitur seperti penghitung langkah, calorie tracking dan sleep tracking. Microsoft juga bekerja sama dengan Gold's Gym, Shape dan Men's Fitness untuk menyediakan tantangan olahraga seru lengkap beserta petunjuk olahraga melalui perangkat ini. Selain dari layar Microsoft Band, data juga dapat ditampilkan melalui Microsoft Health, aplikasi yang tersedia untuk Windows Phone, Android dan iOS. Aplikasi ini dapat mengambil hasil olahraga dari berbagai aplikasi pihak ketiga seperti RunKeeper dan MyFitnessPal, menjadi tampilan yang mudah dan terintegrasi.


Selain fitur olahraga, Microsoft Band juga dapat berperan sebagai gelang pintar pada umumnya. Perangkat ini dapat menampilkan email, pemberitahuan kalender, alarm dan mengatur waktu timer. Cortana juga dapat diintegrasikan, untuk mempermudah penggunaan, seperti memberi informasi cuaca, kurs, traffic, sebagai petunjuk jalan dan lainnya. Dengan Cortana, kamu dapat membuat catatan dan reminder hanya dengan suara.

Tertarik untuk membeli Microsoft Band? Sayangnya, kamu harus bersabar dulu. Karena Microsoft Band akan dirilis hanya di Amerika Serikat melalui Microsoft Store seharga 199 USD. Belum ada informasi mengenai penjualan di luar Amerika Serikat, dan apakah akan tersedia di Indonesia (mengingat tidak adanya Microsoft Store di sini).

Untuk informasi lebih detil mengenai Microsoft Band, klik di sini.


Microsoft Band - Wearable Device Pertama Dari Microsoft Microsoft Band - Wearable Device Pertama Dari Microsoft Reviewed by Prasetyo Herfianto on Oktober 30, 2014 Rating: 5