Header AD

Tips & Trick: Mengatasi Bug "Aplikasi Tidak Muncul di List Aplikasi" Nokia Lumia WP 8.1 Preview for Developer


Bagi kamu pengguna Nokia Lumia yang sudah memakai sistem operasi Windows Phone 8.1 Preview for Developer, kamu sudah dapat menginstall aplikasi ke SD-Card.

Namun, terkadang muncul bug di mana aplikasi yang sudah kamu install ke SD-Card tidak muncul di list aplikasi di Nokia Lumia kamu.

Bug ini kemungkinan besar menimpa kamu yang menginstall aplikasi ke SD-Card. Bug ini pun ditemui oleh @nokianesia di Nokia Lumia 520 yang sudah memakai Windows Phone 8.1 Preview for Developer dan juga menginstall aplikasi di SD-Card.

Jika kamu menemui bug ini, bagaimana cara cepat untuk mengembalikan aplikasi yang hilang dari list aplikasi padahal statusnya sudah terinstall di Nokia Lumia kamu? Yang pertama kamu harus meng-uninstall aplikasi tersebut kemudian install kembali aplikasi tersebut dari Windows Phone Store.

Masalahnya adalah, bagaimana kita mau meng-uninstall suatu aplikasi namun aplikasi tersebut hilang dari list aplikasi dan juga tidak ada di "Storage Sense"? Tenang, kamu cukup ikuti beberapa langkah cepat di bawah ini:
  1. Unduh dan Install Aplikasi "URI" dari Windows Phone Store. Unduh di sini
  2. Kemudian buka aplikasi "URI", tinggalkan aplikasi tersebut dengan menekan tombol logo Windows agar aplikasi "URI" tetap berjalan di background.
  3. Rubah tahun di menu setting > date+time menjadi tahun 2116 ke atas.
  4. Jika sudah, masuk kembali ke aplikasi "URI" dengan menekan tombol "back" yang lama. (Masuk dari fitur multitasking).
  5. Kemudian isi nama aplikasi / short code dari aplikasi yang hilang. Misalkan ketik "WAP" untuk aplikasi UC Browser atau "Twitter" untuk aplikasi twitter atau "MetroTube" untuk aplikasi MetroTube, dsb.
  6. Jika sudah, tap/sentuk "Launch".
  7. Jika kamu benar dalam mengisi nama aplikasi / short codenya, maka akan muncul pesan "Problem with app". Jika eror ini muncul, maka langsung saja tap/sentuh pilihan "Uninstall".
  8. Selesai, kamu sudah berhasil melakukan uninstall aplikasi yang hilang tersebut.
  9. Kembalikan tahun ke tahun 2014.
  10. Unduh & install ulang aplikasi yang error tadi yang sudah di uninstall.



Cara ini sudah @nokianesia coba dan bekerja dengan baik ketika kami kehilangan aplikasi "Twitter" di Nokia Lumia 520 kami. So, selamat mencoba ya. Jika ada pertanyaan dan masukan mengenai bug ini bisa kamu sampaikan melalui kolom komentar di bawah.



Tips & Trick: Mengatasi Bug "Aplikasi Tidak Muncul di List Aplikasi" Nokia Lumia WP 8.1 Preview for Developer Tips & Trick: Mengatasi Bug "Aplikasi Tidak Muncul di List Aplikasi" Nokia Lumia WP 8.1 Preview for Developer Reviewed by Rizky Adriansyah on Juli 14, 2014 Rating: 5