Header AD

Cortana, Asisten Suara Pada Nokia Lumia Windows Phone 8.1 (Video)


Sekali lagi, rekan-rekan dari UnleashThePhones membocorkan salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna Windows Phone. Fitur yang disebut-sebut akan menjadi pesaing kuat Siri pada iOS dan Google Now pada Android, yaitu Cortana.


Cortana adalah nama dari fitur asisten suara pada Windows Phone 8.1. Rumornya, Cortana akan menggantikan fungsi Bing Search pada Windows Phone, yang dapat diakses hanya dengan menekan tombol search. Berbeda dengan perkiraan awal, Cortana berwujud sebuah lingkaran yang akan bergerak saat berinteraksi.

Berikut adalah video preview Cortana pada Windows Phone 8.1 dari UnleashThePhones:


Dari video di atas, Cortana dapat dijalankan melalui dua cara, yaitu dari tombol Search atau dari menu. Pada awal penyetelan, Cortana akan meminta pengguna untuk sign in akun Microsoft, meminta ijin untuk mengambil beberapa data pengguna, juga pengguna dapat memilih nama panggilan tertentu. 

Selain itu, Cortana akan memberikan beberapa pertanyaan dengan pilihan jawaban. Beberapa pertanyaannya adalah:
  • What are a couple of the most enjoyable parts of your everyday evenings?
  • When you think about food, what’s most important to you these days?
  • What are two of your main motivations for going out to an event/activity?
  • When you want to catch up on what’s going on in the world, which section do you go to first?

Seperti yang kita ketahui, aplikasi asisten suara seperti Cortana akan memberikan beberapa rekomendasi dan pengingat berdasarkan data yang ada pada telepon tersebut. Dikutip dari TheVerge, Cortana akan menyimpan data dan informasi kedalam sistem Notebook. Dari Notebook tersebut, Cortana akan menyimpan data lokasi, informasi personal, kontak, kebiasaan pengguna, pengingat, dan data seperti nomor penerbangan dan lain-lain yang ada pada kotak masuk e-mail.

Selain itu, juga ada fitur baru pada Windows Phone 8.1, yaitu "Quiet Hours". Fitur ini mirip seperti Do Not Disturb pada iOS, memungkinkan pengguna mematikan beberapa fungsi notifikasi pada waktu tertentu.

Sayangnya pada video ini, tidak terdengar suara dari Cortana. Penasaran? Mari kita nantikan peluncuran Windows Phone 8.1 pada event Microsoft BUILD, pertengahan tahun ini.



Cortana, Asisten Suara Pada Nokia Lumia Windows Phone 8.1 (Video) Cortana, Asisten Suara Pada Nokia Lumia Windows Phone 8.1 (Video) Reviewed by Prasetyo Herfianto on Maret 05, 2014 Rating: 5